Selasa, 27 September 2011

Cara Install Mikrotik Router OS

Kebanyakan dari anda pasti sudah tahu apa yang di maksud dengan Microtik tapi mungkin saja ada juga yang tahu apa yang di maksud dengan Microtik saya akan jelaskan sedikit apa yang di maksud dengan Microtik. Microtik adalah sebuah software yang berbasis Linux yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang memandai antara lain sebagai berikut NAT ,VPN ,sebagai proxy , untuk hotspot di samping itu fungsi utamanya adalah untuk membagi Bandwidth atau kecepatan pada koneksi Internet. Software Microtik ini biasanya sering di gunakan pada Warnet agar kita bisa mengkontrol akses pada masing-masing Pc satu dengan yang lainnya agar kecepatan koneksi Internet bisa berjalan stabil dan rata.

Untuk tahap Install Software Microtik langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Rubah setting Bios komputer anda pada pilihan utama Boot Device CD-Room terlebih dahulu lalu save dan rebot.
2. Masukkan CD instalasi Mikrotik setelah Loading maka akan muncul jendela awal instalasi. Pilih semua paket instalasi menggunakan tombol panah dan tandai menggunakan tombol spasi [Space Bar], kalau semunya sudah anda pilih anda bisa langsung untuk mulai menginstall tekan huruf ‘i’.
3. Setelah itu tekan ‘y’ jika Anda ingin mempertahankan konfigurasi lama, jika ingin melakukan fresh install tekan ‘n’, tapi kalau hard disk tersebut memang benar-benar kosong dalam arti tidak ada satupun data yang penting anda bisa langsung melanjutkan penginstallan tersebut setelah selesai memilih software, lalu akan keluar menu pilihan seperti ini :

* Do you want to keep old configuration ? [y/n] ketik Y
* Continue ? [y/n] ketik Y.

4. Setelah proses installasi selesai maka kita akan di minta untuk merestart system, tekan enter untuk merestart system. Tapi jangan sampai lupa mengeluarkan CD installasi Mikrotiknya.
5. Setelah computer booting kembali ke system mikrotik, akan ada pilihan untuk melakukan check system disk, tekan “ y “.
6. Setelah itu akan muncul menu login :

* User : admin
* Password : admin ( mau di kosongkan juga bisa atau bahkan anda isi sendiri sesuai dengan selera anda juga tidak masalah ).
7. Untuk memasukan code license anda tekan “ y “. Lalu enter beberapa kali sampai muncul prompt untuk command line.

Untuk tahap setting konfigurasi pada Protocol TPCIP, DNS, Gateway lebih lengkap anda bisa download Software Microtik 2.9.27 Full License + cara petunjuk setting.


Catatan : Untuk Software Microtik 2.9.27 Full License + cara petunjuk setting anda extract terlebih dahulu dengan menggunakan Software Winrar Archive, setelah ke extract di sana ada 2 files yang isinya Software Microtik dalam bentuk format ISO dan cara petunjuk setting yang lengkap dalam format PDF.

Untuk Software Microtik anda gunakan CD-RW dan kepingan CD Blank untuk membakar files yang berformat ISO.

1 komentar:

  1. berdasarkan artikel tersebut, berikut ada rujukan untuk penelitian aplikasi melalui link ini :

    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2575/1/188.pdf

    terima kasih

    BalasHapus