Jumat, 02 September 2011

Cara Merubah Halaman Login Hotspot



clip_image001
Setelah aku pending sekitar 6 bulan, akhirnya berhasil juga meng-edit halaman login pada mikrotik, sehingga tampilan login yang so simple menjadi lebih menarik dan menimbulkan kesan kantor gue banget … ya iyalah mosok kantor tetangga sebelah.
Pendingnya sih bukannya gak ngapa2in, tapi membekali diri dengan jurus-jurus sakti dari berbagai macam aliran seperti :
sedikit ilmu mikrotik
winbox
Filezilla
Graphic editor (aku pake photoshop 8 n Arcsoft Photostudio)
Web editor (aku pake dreamweaver)
Setelah melakukan perenungan dan merantau ke dunia maya, aku dapetin template login hotspot milik Lintas Angkasa – GA Tour and Travel yang sepertinya dibuat oleh Citra Media informatika seperti berikut (setelah didonlut dan diekstrak pake winrar) :
clip_image003
Selanjutnya dengan berbagai aliran photo editor, aku melakukan editing dan perubahan menjadi sebagai berikut :
clip_image005
Lha koq bisa : how ???
Pertama : Lakukan backup setting-an router
1. Gunakan winbox
2. login ke router (masukan IP address dan password)
3. klik file
4. klik backup tunggu beberapa saat hingga file back up-nya terbentuk.
Kedua : download folder hotspot pada router :
1. Gunakan filezilla (filezilla harus sudah terinstal … belum punya ? donlut disini )
2. masukan ip address dan password router
3. klik kanan à folder hotspot pada router
clip_image007
4. pilih download hingga selesai
Ketiga : edit file login.html dan file2 gambar pendukungnya :
Kalo emang paham banget bahasa html, langsung aja edit file login.html tapi kalo buwat pemula kayak aku jelas menggunakan  macromedia dreamweaver sangat membantu sesuai dengan kehendak hati.
Trus kalo enggak begitu paham dan pengen praktis, silahkan browsing dan donlut contoh / template halaman login.
NB : photo editor digunakan untuk mengedit image yang dibutuhkan sesuai dengan keinginan.
Keempat : Upload hasilnya :
1. Gunakan filezilla
2. masukan ip address dan password router
3. klik kanan à folder hotspot pada komputer
4. pilih upload hingga selesai
Kelima : Test drive :
Gunakan notebook / PDA / smartphone untuk browsing via hotspot …
N.B :
kalo udah mahir html, disarankan untuk membuat sendiri, tapi bagi pemula kayak aku (hihihi ngaku dech !!!) ya terpaksa ngedit template login orang lain tapi jangan lupa ucapin thanks a lot atau lewat tulisan terima kasih untuk yang empunya ato yang ngebuat … eh mumpung inget … makasih lagi ya Lintas Angkasa – GA Tour and Travel dan Cipta Media Informatika telah berbagi file.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar